photo 600x90 - BOLAPOKER_zps6isrnrf2.gif
'

Hotel Murah Di Raja Ampat, Papua

12 / 9 / 16  Seputar Travelling, Tempat Wisata, Hotel Murah, Kuliner, Foto, Tips

AGEN JUDI BOLA TERPERCAYA


Seputar Travelling : Siapa tak kenal Raja Ampat? Kepulauan yang terletak di kepala burung Papua tersebut menyimpan keindahan taman laut dengan biota yang terlengkap dan terindah. Kecantikan Raja Ampat sudah terkenal sampai ke telinga traveler mancanegara. Di sana Anda dapat bermain di pulau-pulau dengan pasir putih, menyelam melihat binatang unik seperti hiu karpet, atau memandangi gugusan pulau cantik dari ketinggian.

Pesona alam Raja Ampat seolah tak cukup jika dinikmati hanya sehari dua hari. Biasanya para wisatawan mancanegara maupun turis nusantara menginap beberapa hari di Kepulauan Raja Ampat untuk menjelajahi pulau-pulau yang tentunya menyimpan pesona tersendiri. Pasalnya, untuk mencapai Kepulauan Raja Ampat diperlukan waktu sekitar dua jam dengan mengendarai kapal cepat dari pelabuhan Usaha Mina, Sorong.

Biaya untuk menyeberang dari Sorong ke Raja Ampat pun terbilang lumayan. Dengan demikian waktu Anda akan terbuang jika bolak-balik Sorong-Raja Ampat tanpa menginap di Raja Ampat. Untuk menginap di Raja Ampat, ada sejumlah penginapan yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Waiwo Dive Resort, Waisai


 
Waiwo Dive Resort adalah resor dengan biaya yang murah. Resor ini terletak di Pulau Waisai, yang merupakan pusat ibukota Kabupaten Raja Ampat. Dari Pelabuhan Rakyat atau Pelabuhan Pariwisata Waisai, resor ini dapat ditempuh dengan mobil sekitar 30 menit saja.

"Ini adalah resor termurah di Raja Ampat dan juga punya orang Indonesia. Biaya menginap di sini sebesar Rp 450 ribu per orang per malamnya," kata Berto, dive guide sekaligus pengelola resor tersebut kepada Seputar Travelling beberapa waktu lalu.

Di sini terdapat 12 cottage, yang mana satu cottagenya dapat diisi 3-4 orang. Fasilitas di dalam cottagenya adalah kasur, kipas angin, dan kamar mandi. Suasana hutan yang hijau, menjadi penyegar saat Anda duduk-duduk di depan cottage.

Asyiknya lagi, resor ini terletak di pinggir pantai. Pasir pantainya pun sangat putih dan lembut. Anda bisa berenang dan bersantai di pantainya sampai puas. Selain itu, Anda juga bisa memberi makan ikan di dermaga kecil di pinggir pantai. Tinggal bawa roti atau biskuti, lalu lemparkanlah ke air. Tak lama, ikan dengan aneka macam warna dan ukuran akan datang menghampiri. Lucu!

"Di sini juga bisa snorkeling, biayanya Rp 50 ribu per hari untuk menyewa alat-alatnya. Untuk paket diving juga bisa, 1-4 kali diving termasuk boat harganya Rp 550 ribu per orang," lanjut Berto menjelaskan.

2. Raja Ampat Dive Lodge (RADL)


 
Raja Ampat Dive Lodge atau yang biasa disebut RADL terletak di Pulau Mansuar, Kepulauan Raja Ampat. Penginapan yang cukup ternama di Raja Ampat ini menyajikan nuansa etnik Bali di tengah suasana hutan tropis dan pantai pasir putih Raja Ampat. Memasuki RADL dimulai dari dermaga kecil yang dihubungkan dengan jembatan kayu panjang menuju pintu masuk penginapan.

Dari dermaga Anda dapat menikmati pemandangan pulau yang tertutup hutan tropis hijau berpadu dengan birunya air laut yang jernih. Sepanjang perjalanan dari dermaga menuju pintu masuk penginapan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut Raja Ampat. Koral dan ikan beraneka warna tampak dari atas permukaan laut. Pasir pantai yang mengelilingi RADL juga aman untuk bermain anak-anak.

Penginapan yang didominasi turis Amerika itu memiliki 27 ruangan yang terdiri dari 20 bungalow, dan 7 ruangan standar. Untuk bungalow, tarifnya terbagi tiga, yakni single 165 dollar AS per malam, double 230 dollar AS per maLam, dan triple 315 dollar AS per malam. "Sudah lengkap dengan makan," kata Inya, pengurus RADL.

Sementara untuk standar room, dikenakan tarif 190 dollar AS per malam dengan double bad, sementara single 125 dollar AS per malam. "Anak-anak 9-12 tahun, diskon 40 persen, 5-9 tahun, diskon 50 persen, dan bayi, gratis," tambah Inya.

Adapun masing-masing room di RADL dilengkapi dengan pendingin ruangan dan kipas angin. Masing-masing room terisi queen bed atau twin bed yang dilengkapi dengan kelambu sehingga menghindari Anda dari sengatan nyamuk. Setiap kamar juga dilengkapi dengan kamar mandi, air panas, serta perlengkapan mandi seperti sabun, shampo, dan handuk. Selain itu, ada meja rias, washtafel, dan pengering rambut yang tersedia di setiap kamar.

Seperti hotel lainnya, setiap kamar di RADL dilengkapi dengan lemari pakaian, dan kotak penyimpanan barang-barang berharga. Hal lain yang istimewa, setiap kamar di RADL dihubungkan dengan jalan setapak dari papan kayu sehingga kaki Anda akan terhindar dari pasir pantai.


BACA JUGA
Menurut Inya, RADL tidak hanya jadi tempat menginap bagi para wisatawan. Mereka yang tidak ingin menginap dapat mencicipi masakan RALD melalui paket makan siang seharga 15 dollar AS atau paket makan malam dengan harga Rp 20 dollar AS. Sebagian besar masakan di RADL merupakan hasil olahan laut seperti ikan, udang, atau lobster.

Sesuai dengan namanya, RADL menyediakan fasilitas menyelam dan snorkeling untuk para pengunjung. "Banyak titik snorkeling dan diving di sekitar RADL," kata Ina.

Untuk snorkeling, Anda cukup mengeluarkan biaya 9 dollar per hari sedangkan untuk menyelam 35 dollar AS per hari. "Menyelam 35 dollar AS per hari tanpa dive computer, kalau dengan dive computer tambah lagi 15 dollar AS," tambah Ina.

Untuk mencapai RADL, Anda dapat menyewa kapal cepat berkapasitas 20 orang dengan biaya Rp 3 juta dari Waisai, Ibukota Raja Ampat. Pihak penginapan juga menyediakan jasa jemput dengan biaya bervariasi tergantung jarak dan jenis kapalnya. Jika Anda dijemput dari Waisai, Anda dikenakan tarif 80 dollar AS. Sedangkan dari Sorong, 400 dollar AS dengan kapal bermesin kecil atau 800 dollar AS dengan kapal bermesin besar.

3. Homestay di Pulau Arborek




Jika ingin berinteraksi lebih dekat dengan masyarakat Raja Ampat, Anda bisa bermalam di homestay di Pulau Arborek. Pulau ini terletak sekitar 1 jam dari Pulau Waisai. Anda bisa menyewa boat untuk datang ke pulau ini. Tarifnya Rp 350 per kamar per orang. Satu kamarnya bisa diisi dua orang, dan sudah termasuk makan," ujar Kepala Desa Arborek, Daud.

Uniknya, Pulau Arborek sendiri adalah pulau yang dipenuhi oleh pasir putih. Ke mana pun kaki Anda melangkah, hanya ada pasir putih di depan mata. Cantik! Di Arborek, Anda juga dapat berenang dan snorkeling di sekitar pantainya, salah satu spot yang cantik adalah di dekat dermaga. Lihatlah bintang laut yang berukuran besar dan ikan-ikan badut atau yang lebih dikenal dengan ikan nemo. Terumbu karangnya pun bentuknya beraneka macam. Cantik!

Selain itu, di dekat Arborek terdapat Manta Point. Di sanalah Anda bisa menyelam hingga kedalaman 15 meter untuk bertemu ikan manta dengan ukuran yang besar. Anda bisa berenang dan melihat tingkah ikan-ikan dengan ukuran bermeter-meter panjangya tersebut. Mainkan gelembung yang berasal dari alat selam Anda ke arah insang ikan-ikan manta. Lihatlah, ikan itu pun seolah menari kegirangan karena kegelian dengan gelembung-gelembungnya. Sungguh lucu.

Arborek juga terkenal sebagai pengrajin topi. Anda dapat membeli topi-topi khas Arborek, yang ukurannya besar dan bentuknya seperti ikan manta. Harganya sekitar Rp 250-400 ribu. Topi yang unik dan wajib dibeli.

4. Acrophora Cottage and Restaurant


 
Penginapan Acrophora Cottage and Restaurant terletak di Ibukota Raja Ampat, Waisai, di Pulau Waigeo. Penginapan yang dibangun pemerintah itu letaknya tidak jauh dari Pantai Waisai Tercinta atau Pantai WTC. S

Sesuai dengan namanya, Acrophora Cottage and Restaurant terdiri dari sejumlah bungalow yang bernuansa etnis papua. Harga sewanya bervariasi mulai dari Rp 480.000 hingga Rp 600.000 per bungalow per malam. Penginapan ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin lebih hemat wisata di Raja Ampat.

Setiap bungalow terbagi dalam empat ruangan, yakni dua kamar tidur, satu ruang tamu, dan satu kamar mandi. Setiap kamar tidur berisi satu hingga dua tempat tidur yang dilengkapi dengan pendingin ruangan. Kemudian ruang tamunya dilengkapi dua kursi, satu dispenser, satu televisi, mini bar, dan meja rias. Sementara kamar mandinya tidak dilengkapi dengan air panas namun tetap tersedia peralatan mandi seperti handuk, sabun, sikat gigi, dan shampoo. Meskipun lebih sederhana dari RADL, Acrophora Cottage and Restaurant cukup nyaman untuk diinapi.

Tak jauh dari penginapan, terdapat toko cenderamata khas Waisai, Raja Ampat. Penginapan juga menyediakan toko cenderamata bagi Anda yang ingin belanja kaus atau batik khas Papua. Selain itu, letak Acrophora Cottage and Restaurant tidak jauh dari Dermaga Waisai, sekitar 5-10 menit dengan menyewa mobil atau ojek.

5. Homestay di Sawing Rai


 
Satu lagi homestay dengan biaya murah di Raja Ampat, yaitu di Pulau Sawing Rai. Berbeda dengan homestay di Arborek yang terletak di pinggir pantai, homestay di Sawing Rai terletak di atas air laut di tepian pantai. Anda pun bisa melihat air laut yang biru jernih dengan ikan-ikan yang berenang dari atas kamar. Keren!

"Untuk homestay, biayanya Rp 500 ribu per orang per malam. Ada 5 homestay di sini," kata Kepala Desa Sawing Rai, Louis Dimara.

Salah satu kegiatan yang dapat Anda lakukan di dekat kamar Anda adalah fish feeding atau memberi makan ikan. Anda akan diberikan adonan terigu oleh para mama (sebutan untuk wanita dewasa) di sana. Penuhi tangan Anda oleh adonan tersebut lalu celupkan dalam air, tak lama ikan pun akan datang mengigit-gigit jari Anda. Geli!

Selain diving dan snorkeling, Anda juga bisa bird watching atau kegiatan melihat burung cendrawasih dari dekat. Tak perlu teropong, karena burung cendrawasih hanya berjarak dua meter di atas Anda.

"Melihat burung cendrawasih itu saat pukul 07.00-09.00 WIT pagi dan pukul 16.00-17.00 WIT sore, serta cuaca harus cerah. Kalau mau memberi makan ikan dan melihat burung cendrawasih, cukup membayar Rp 100 ribu saja," lanjut Louis menejlaskan.

Nah, itulah tiga penginapan murah di Raja Ampat. Tak hanya murah, tapi ada banyak kegiatan seru yang dapat Anda lakukan di sekitar penginapannya. Ayo jalan-jalan ke Raja Ampat!




AGEN JUDI ONLINE TERPERCAYA


EmoticonEmoticon